Sejarah Singkat Turunnya Al-Qur’an


25 Mei 2018

Ayat Al-Qur’an yang diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari sesuai dengan peristiwa-peristiwa pentahapan dalam penetapan hukum. Setiap kali Rasul menerima wahyu, beliau langsung menghafalkan ayat-ayatnya dan disampaikan kepada para sahabatnya. Para sahabatnya pun disuruh menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an dan menuliskannya di atas pelepah kurma, lempengan-lempengan batu, dan keping-kepingan tulang.

Setelah ayat-ayat yang diturunkan cukup sampai satu surat, kemudian beliau memberi nama surat tersebut untuk membedakannya dari yang lain, juga memberi petunjuk kepada para sahabatnya tentang penempatan surat dan susunannya di dalam Al-Qur’an. Penerbit Jabal Bandung

Dalam menjaga kemurnian Al-Qur’an, setiap tahun malaikat Jibril datang kepada Rasulullah untuk memeriksa dan mengoreksi bacaan Rasul dengan cara menyuruhnya untuk mengulangi bacaan ayat-ayat yang telah diwahyukan. Kemudian Rasul pun melakukan hal yang sama kepada para sahabatnya, agar tidak terjadi kekeliruan dan kesalahan.

Sahabat Rasul banyak yang menjadi hafidz (penghafal Al-Qur’an). Adapun para sahabat yang menjadi juru tulis wahyu diantaranya adalah Abu Bakar Siddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Tsabit, Mu’awiyah bin Abu Sofyan, ubay bin ka’ab, Zubair bin Awwam, Amr bin As dan sahabat lainnya yang meskipun tidak disuruh, namun mereka ikut menuliskannya. Al-Qur'an Bandung

Penulisan Al-Qur’an menjadi sebuah mushaf terjadi melalui proses yang cukup panjang sampai pada masa pemerintahan khalifah Utsman bin Affan.

Penerbit Jabal Bandung menerbitkan alquran dan buku Islam serta melayani pesanan Al-Qur'an dan buku eceran maupun agen.

Info dan Pemesanan Hubungi :

Telp/WA : 0853 1512 9995/ Telp/Fax : 022-7809282
Jl.Desa Cipadung No 47 Cibiru Bandung 40614



Baca juga
  » 6 Juni 2018
I’tikaf Boleh Dilakukan di Masjid Mana Saja
Menurut mayoritas ulama, i’tikaf disyari’atkan di semua masjid karena keumuman firman Allah di atas (yang artinya) “Sedang kamu beri’tikaf dalam masjid”.

  » 31 Mei 2018
Tanda-tanda orang yang telah mendapatkan rahmat lailatul qadar
Suatu keberuntungan bagi orang yang mendapatkan berkah lailatul qadar yang hanya terjadi setahun sekali.

  » 22 Mei 2018
Memperoleh Kenikmatan dan Keutamaan membaca alquran dengan sempurna.
Mungkin bagi sebagian kita masih banyak yang belum istiqomah dalam membaca alquran, hal itu adalah wajar sekali karena mungkin mereka belum / kita belum menemukan kenikmatan membaca Alquran. lalu bagaimana agar bisa menemukan kenikmatan membaca Alquran..?

  » 21 Mei 2018
Do’a Agar Mencintai Dan Dicintai Allah
Doa yang dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam untuk meraih kecintaan Allah

  » 14 Mei 2018
Siapkan diri dalam menyambut Bulan Ramadhan
Sebagai umat Islam, tentu kita harus menyambut bulan Ramadhan akan dengan gembira dan penuh syukur. Tentu saja hal ini karena bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat, bulan penuh pahala, dan bulan penuh kebaikan.